Minggu, 26 April 2009

Aksi Damai Hari Bumi 39Th 2009

Salam Lestari...
Seperti sebuah tradisi tahunan bahwa KPA Khatulistiwa harus melakukan aksi damai memperingati moment Hari Bumi setiap tahunnya.
Tak terkecuali tahun 2009...atas dukungan personil sekitar 150-an org, selain anggota plus Ca-Ang KPA Khatulistiwa, LSM-K3, Manggala Agni, FK3I (Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia) Ketapang, Sispala beberapa SMA, Club Motor dan Sepeda, HMI dan perwakilan beberapa kampus yang ada di Ketapang. Star aksi damai dari depan Markas Bakti KPA Khatulistiwa (Samping Gd. Pancasila) menuju titik "0 KM" di Tugu Ale-Ale. Dengan membawa spanduk dan Tulisan diatas karton bertulis Anti Pengrusakan/Pemerkosaan Bumi seraya orasi ilmiah sepanjang jalan.
Kawan-kawan meneriakkan beberapa bukti keserakahan manusia akan kerusakan bumi diantaranya :
1. Pertambangan, yg tidak memberikan kontribusi yg signifikan terhadap pembangunan Ketapang. Termasuk Illegal Mining yg tidak ramah lingkungan dan tidak ada retribusi bg Pemkab kecuali segelintir aparat,
2. Kerusakan Hutan, yg merupakan sumber oksigen bagi manusia bumi telah merusakkan hampir dari 40 % permukaan hutan bumi tiada henti hingga saat ini,
3. Sektor Industri, yg menghasilkan pencemaran berupa gas karbon dan rumah kaca yg membuat lapisan ozon smakin menipis. Akhirnya bumi makin panas.

Selain beberapa isu diatas Aksi Damai juga mengusung penolakan terhadap rencana pengembangan sawit di Pulau Bawal Kec. Kendawangan.
Selain kajian ilmiah akan kerusakan terumbu karang dan pelanggaran beberapa Undang-Undang, kenapa mesti pulau padahal daratan masih luas....dasar serakah.

Salam Lestari.

Tidak ada komentar: